Playstation 5 Memiliki Banyak Sekali Potensi untuk Membunuh Industri Game PC

Sony PlayStation 5 akan datang dan, berkat pengungkapan lunak resmi dari sistem oleh arsitek sistem utama PS5 Mark Cerny, kita sekarang tahu itu akan menjadi pembangkit tenaga listrik yang mendorong pixel dari konsol game. Sistem yang hanya unggul dalam memberikan permainan yang memukau dan imersif bagi pengguna PlayStation generasi selanjutnya untuk dinikmati.

Dan, sementara Sony telah mengkonfirmasi tidak akan ada peluncuran PS5 sebelum Mei 2020, konsol ini dijadwalkan akan diluncurkan tahun depan (saat ini dipanggil untuk masuk ke rak-rak toko pada bulan November), yang berarti bahwa kita saat ini melihat banyak rumor dan kebocoran menunjuk ke game mana yang sudah diumumkan akan muncul di konsol generasi berikutnya, dan eksklusif apa yang sedang direncanakan.

Bayangkan saja mengambil konsol Sony PS5 state-of-the-art dalam bundel Black Friday yang manis tahun depan bersama dengan penjepit game PlayStation 5 yang mengagumkan untuk dimainkan selama musim liburan? Sekarang adalah game nirwana.

Sony diperkirakan akan mengemas PlayStation 5 dengan spesifikasi high-end, tetapi kebocoran terbaru menunjukkan bahwa raksasa Jepang akan memukulnya keluar dari taman. HotHardware melaporkan bahwa salah satu sampel rekayasa PS5 yang sedang diuji dilaporkan beroperasi pada kecepatan kartu grafis 2 GHz, menurut penyedia informasi perangkat keras terkenal Komachi.

PlayStation 5 lebih cepat daripada beberapa kartu grafis

Kecepatan clock GPU (unit pemrosesan grafik) 2 GHz GPU PlayStation 5 berarti bahwa ia memiliki kecepatan komputasi 9,2 teraflops yang mengesankan berdasarkan arsitektur RDNA, menurut pengguna Twitter Is A Parrot. Teraflop mengacu pada kekuatan komputasi prosesor berdasarkan kemampuan matematisnya. Jadi angka yang lebih tinggi berarti prosesor mampu menangani lebih banyak perhitungan setiap detik.

HotHardware menambahkan bahwa kartu grafis NVIDIA RTX 2070 dan RTX 2080 masing-masing mampu mengenai 9,2 teraflops dan 10,1 teraflops. Sampel uji PlayStation 5 menunjukkan bahwa lebih cepat dari kartu grafis AMD Radeon RX 5700 dan RX 5700 XT juga

Jadi PS5 bisa lebih cepat daripada beberapa kartu grafis utama yang dibeli pengguna untuk memberi daya pada PC gaming mereka. Itu bisa menjadi masalah bagi industri game PC tradisional, karena kombinasi perangkat keras dan harga PlayStation 5 dapat mempercepat pergeseran preferensi ke arah game konsol.

PS5 dapat memberikan pukulan jitu bagi industri game PC

Situs web NVIDIA mencantumkan RTX 2080 seharga $ 799, sedangkan RTX 2070 seharga $ 599. Sony belum mengungkapkan strategi penetapan harganya untuk PlayStation 5, meskipun ada saran liar bahwa itu bisa dijual seharga $ 800 atau bahkan $ 1.000. PS4 diluncurkan dengan harga $ 399 setelah Sony belajar pelajaran keras dengan memberi harga PS3 dengan harga $ 599 yang membingungkan pada tahun 2006. Jadi Sony dapat diharapkan untuk memberi harga PS5 dengan harga yang tidak jauh lebih tinggi dari generasi saat ini.

Inilah sebabnya mengapa gamer dapat membeli konsol alih-alih PC gaming, yang dapat mencapai ribuan dolar berdasarkan spesifikasi dan kartu grafis yang mahal. Dengan asumsi bahwa Sony meluncurkan PlayStation 5 dengan harga RTX 2070 dan melengkapi konsol dengan grafis 4K dan solid-state drive untuk waktu pemuatan yang lebih cepat, akan lebih mudah bagi pengguna untuk hanya menyelamatkan diri mereka sendiri dari rasa sakit dan biaya membangun PC .

Terlebih lagi, PS4 sudah memiliki dukungan keyboard dan mouse, dan tidak mengherankan melihat fungsi membuat jalannya ke PlayStation 5.

Newzoo melaporkan bahwa game konsol sudah tumbuh tiga kali lipat kecepatan game PC. Tren ini dapat berlanjut dengan konsol generasi mendatang Sony berkat spesifikasi yang kuat dan harga yang mutakhir jika dibandingkan dengan kartu grafis.